Persiapan Mental Sebagai Salah Satu Tips Agar Cepat Hamil

18 Agustus 2020 Kesehatan

tips agar cepat hamil

Saat ditanya apa momen yang mengubah hidup seseorang? Menikah dan memiliki bayi adalah jawabannya. Selain dituntut untuk lebih dewasa, maka pasangan juga harus mempersiapkan materi. Selain materi, tak lupa dibutuhkan mental yang sehat. Pasalnya menyiapkan kesehatan mental jauh lebih sulit dibandingkan fisik. Tak hanya sekedar mempraktekkan tips agar cepat hamil saja.

Sangat wajar jika Anda dilanda kecemasan, termasuk hal kecil. Wajar saja, karena Anda akan memiliki anggota keluarga baru yang pastinya membuat harap-harap cemas ditambah pasti Anda juga khawatir apakah bisa mendidik si kecil dengan baik, lalu apakah bisa menjadi orangtua yang baik untuk si kecil?

Jika Anda tidak mampu mengontrol emosi, maka Anda justru akan dilanda depresi dan rasa mudah khawatir. Depresi dan rasa khawatir berlebihan inilah yang bisa mengganggu kegiatan. Jika memang sampai mengganggu kegiatan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan. Terlebih Anda akan dilanda stress pasca melahirkan. Nampaknya memang wajar jika Anda membutuhkan bantuan.

Munculnya stress pasca melahirkan memang wajar terjadi, namun tak boleh dianggap remeh. Dari baby blues, postpartum depression hingga post partum psychosis membuat stress harus dikelola dengan baik. Walaupun diliputi rasa Bahagia karena datanya si kecil, namun hal ini bisa membuat Anda super sibuk mengurus si kecil hingga tak bisa santai dan merawat diri maupun kurangnya waktu istirahat akibat datangnya tanggung jawab yang baru. Inilah alasan perlunya persiapan mental sebelum melahirkan.

Hal yang perlu diingat adalah hanya Anda dan pasangan yang tahu kapan siap untuk melakukan program hamil dan menjalankan tips agar cepat hamil. Hal ini harus melalui pembahasan serius, karena proses kehamilan membutuhkan kesiapan yang matang dan persiapan dari kedua pihak, bukan hanya ibu atau ayah saja. Barulah bisa mempraktekkan 8 Tips Berhubungan Agar Cepat Hamil

Program kehamilan kerap kali dianggap sebagai program yang menakutkan, terlebih bagi ibu muda yang baru saja menjalankan program untuk anak pertama. Untuk persiapan, cobalah perbanyak membaca buku dan ingatkan bahwa rasa khawatir memang normal jika terjadi, tapi jangan berlebihan ya.

Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan mental?

Memiliki rutinitas sehat yang dilakukan setiap harinya. Selain itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat dan beradalah di lingkungan yang mendukung.

Jangan lupa mencintai diri sendiri dengan selalu berpikiran positif. Berikan waktu 15 menit untuk me time setiap harinya seperti berjalan-jalan atau mengobrol dengan teman.

Tak ada salahnya merawat diri. Merawat diri akan membantu mengisi kembali energi dan membantu Anda untuk tetap sehat secara fisik dan tentunya Anda akan lebih bahagia.

Jangan hanya berdiam diri di rumah, namun cobalah banyak bergerak. Banyak bergerak akan membantu mengurangi stress. Anda mungkin membutuhkan aktivitas yang membuat keringat keluar, seperti berkebun, berolahraga di gym, atau menari. Dengan aktivitas ini, selain mengeluarkan hormon endorphin yang membuat bahagia hormon ini juga mampu mengurangi stress dan membantu memperbaiki mood.

Tidurlah cukup. Tidur yang cukup mampu membuat kesehatan mental tetap terjaga. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gangguan tidur

Pilihlah lingkungan yang baik. Lingkungan yang supportif akan mendukung Anda dan membuat masa persiapan menjadi lebih ringan. Bergaullah dengan orang-orang yang mampu memberi Anda semangat.

Kelola stress dengan baik. Anda bisa menjalankan hobi, atau lakukan apapun untuk mengelola stress dengan baik. Bisa juga dengan mendengarkan musik favorit agar lebih bersemangat.

Jangan lupa juga siapkan mental dan yakinkan diri bahwa saat si kecil lahir, maka kehidupan Anda akan berubah dan selain mempersiapkan kebutuhan si kecil, jangan lupa siapkan mental. Selamat menjadi ibu bahagia ya. Setelah benar-benar siap ikuti tips agar cepat hamil.

Tags:  ,