Instagram Analytics, Fitur yang Sangat Berguna untuk Digital Marketing melalui Instagram

30 Januari 2021 BisnisTeknoTips

Instagram Analytics, Fitur yang Sangat Berguna untuk Digital Marketing melalui Instagram

Instagram memang sebuah platform media sosial yang umumnya digunakan oleh penggunanya untuk berbagi momen dan berinteraksi dengan sesama pengguna Instagram. Namun beberapa tahun belakang, Instagram mulai banyak digunakan dalam bisnis untuk menjalankan marketing. Agar strategi digital maketing dengan Instagram ini bisa lebih maksimal tentu dibutuhkan insight yang tepat. Inilah peran Instagram analytics dalam menjalankan digital marketing.

Manfaat Menggunakan Instagram Analytics

Sebelum mengetahui lebih jauh, kamu harus tahu dulu apa itu Instagram analytics ini. Analystics sendiri merupakan sebuah fitur analitik yang ada pada akun Instagram yang digunakan untuk berbisnis atau untuk akun bisnis. Dengan adanya fitur ini pemilik akun bisa mendapat data-data yang berkaitan dengan kinerja akun tersebut.

Adanya fitur ini tentu sangat membantu dalam aktivitas digital marketing. Apalagi setelah Instagram menggunakan algoritma yang memungkinkan untuk memprioritaskan postingan atau konten tertentu yang diyakini akan disukai oleh pengguna lalu meletakkannya di bagian paling atas. Karena alasan inilah fitur analitik ini sangat berperan dalam digital marketing. Tujuannya adalah menempatkan konten dari brand kamu agar berada di posisi teratas pada feeds target konsumen. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti:

  1. Mengetahui Konten yang Relevan dan Sesuai Kebutuhan Pengikut

Manfaat pertama dari adanya Instagram analytics ini dapat membuat kamu sebagai pelaku bisnis bisa lebih memahami konten apa yang relevan sekaligus sesuai dengan kebutuhan pengikut. Manfaat ini bisa didapat dari data engagement pada konten-konten tertentu. Dari sini, kamu bisa tahu konten apa yang paling disukai target konsumen. Nah, dengan begitu kamu pun bisa membuat konten yang serupa.

  1. Mempelajari dan Mendapatkan Waktu Posting Konten Terbaik

Tidak hanya bentuk atau jenis konten saja yang bisa meningkatkan engagement terhadap konten yang kamu buat. Bahkan waktu posting pun berpengaruh pada tingkat engagement tersebut. Nah dari data yang didapatkan oleh fitur ini, kamu bisa mempelajari kapan saja waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten yang disiapkan.

  1. Mengetahui Profil Pengikut

Data yang didapatkan dari Instagram analytics ini bisa berupa gender, rentang usia serta lokasi. Nah dari profil pengikut inilah kamu kemudian bisa menyusun rencana untuk membuat konten yang tepat berdasarkan profil pengikut tersebut. Dalam jangka panjang, kamu bisa menggunakan data tersebut untuk membuat strategi promosi lain di masa depan.

  1. Menguji dan Mengetahui Efektivitas Konten yang Dibuat

Manfaat terakhir adanya fitur analitik pada Instagram ini adalah dapat membantu kamu mengetahui sekaligus menguji efektivitas strategi promosi dari konten yang kamu buat sebelumnya. Layanan analitik ini akan memberikan kamu data engagement seperti jumlah likes, komentar, save, jangkauan hingga jumlah pengunjung profil Instagram kamu dan data lainnya.

Dari data-data tersebut, kamu kemudian dapat melakukan evaluasi terhadap strategi marketing dengan konten yang kamu buat. Data-data tersebut akan membantu kamu menganalisa konten seperti apa yang mendapatkan engagement paling besar. Jadi, kamu pun bisa melakukan evaluasi apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dipertahankan dari strategi marketing yang kamu jalankan.

Adanya fitur Instagram analytics ini menjadi terobosan yang sangat iovatif, terutama untuk pengguna Instagram yang menggunakan akunnya untuk kebutuhan bisnis. Dengan cara ini, kamu bisa menggunakan Instagram sebagai salah satu media digital marketing yang lebih efektif. Karena dengan data-data yang diberikan oleh fitur ini, kamu bisa meningkatkan efektivitas strategi marketing tersebut.